Senin, 25 Mei 2015

FAKTOR PENYEBAB JERAWAT DAN CARA MENGATASINYA


      Jerawat merupakan kelainan kulit yang terjadi karena kondisi abnormal kulit akibat gangguan produksi kelenjar minyak yang menyebabkan penyumbatan saluran folekul dan pori-pori kulit. Jerawat  sebenarnya tidak hanya timbul di bagian wajah, tetapi jerawat juga bisa timbul di area dada, punggung dan bahu. Tidak hanya kalangan remaja, para wanita dewasa pun juga sering atau kerap dihinggapi .

   Penyebab timbulnya jerawat antara lain disebabkan oleh beberapa factor berikut ini  :

1. Faktor Psikis / Stres, meskipun belum dipastikan factor psikis atau stress kerap berperan sebagai dalang  lahirnya sebuah jerawat, namun ketika Anda banyak fikiran misalnya lagi Broken Heart atau putus cinta maka secara tidak sadar jerawat akan muncul dengan sendirinya di muka Anda.

2. Genetik (Keturunan), Jika keluarga Anda entah itu Ibu atau Ayah anda merupakan penderita jerawat, maka jerawat yang anda alami saat ini adalah bersumber dari genetika keluarga anda.

3. Aktifitas hormonal yang tidak seimbang, biasanya bisa dilihat dari siklus hormonal yang terjadi pada seseorang. Perubahan siklus ini biasanya mendorong bertambahnya kelenjar minyak penyebab jerawat. Biasanya ditandai dengan timbulnya jerawat kala menstruasi.

4. Penumpukan sel kulit mati, kulit mati yang menumpuk akan menyebabkan tersumbatnya folekul dan pori-pori, penyumbatan ini akan mendorong timbulnya jerawat.

5. Bakteri di pori-pori kulit, bakteri Propionini  Bacterium Acnes (P.Acnes), yang berada dalam pori-pori kulit akan memicu timbulnya jerawat.

         Jerawat tidak mencerminkan bahwa seseorang kurang menjaga kebersihan, jadi jangan berkeciln hati bagi yang berjerawat, belum berarti anda tidak menjaga kebersihan. Berikut ini ada beberapa tips untuk mengusir jerawat yang membandel :
- Mulailah dari menjaga kebersihan kulit, caranya sangat simple dan mudah

- Cuci muka dengan teratur, cukup 2-3 kali sehari memakai sabun khusus wajah, lakukan dengan lembut untuk menghindari iritasi pada kulit atau terkena mata anda.

- Jangan biarkan rambut anda menutupi wajah, rambut yang kotor dapat memperburuk kondisi pori-pori yang tersumbat.

- Siap sedia kertas minyak di tas anda kapanpun kulit muka anda berminyak, anda tinggal mengusapnya hingga bersih.

- Asupan gizi seimbang juga bermanfaat membantu menjaga kesehatan kulit.

Biasakanlah menjalani hidup sehat dengan menghindari makanan tertentu yang dapat menyebabkan timbulnya masalah jerawat pada kulit, antara lain menghindari makanan goring-gorengan, kebiasaan merokok dan begadang yang dapat membantu penyumbatan jerawat yang maksimal.

Demikian arrtikel yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat dan masalah jerawat yang anda alami saat ini bisa teratasi dengan cara diatas, tunggu update selanjutnya tentang, mengobati jerawat seacara alami.

0 comments:

Posting Komentar

Footer Text

Footer Widget 2

Footer 1

Popular Posts